- / / : 081284826829

Terapi Herba Atasi Flu Burung dan Demam Berdarah

Terapi Herba Atasi Flu Burung dan Demam Berdarah

Oleh: Arda Dinata*)
Judul Buku:
Terapi Herba, Buah, Sayuran Flu Burung dan Demam Berdarah 2
Penulis:
Tim Redaksi Majalah Flona
Penerbit:
Majalah Flona
Tahun Terbit:
November 2005
Jumlah Halaman:
128
Untuk melindungi diri dari serangan berbagai macam penyakit yang siap mengancam dewasa ini, kita sudah selayaknya mengem-bangkan ”payung” masing-masing. Setiap orang sudah punya ”payung”. Yakni ketahanan dan kesehatan tubuh. Anda pasti sepakat, selain faktor genetik, kesehatan kita juga dipengaruhi oleh faktor luar termasuk gaya hidup dan pola makan. Apabila kita mampu menjaga hidup sehat dan istirahat cukup, ditunjang dengan pola makan bergizi/bervitamin, niscaya tubuh menjadi sehat.
Pokoknya, kondisi daya tahan tubuh prima akan membentengi kita dari serangan penyakit. Paling tidak penyakit yang kini sedang mewabah, seperti influenza, demam berdarah, bahkan flu burung tak akan mudah menyerang kalau kondisi kesehatan kita prima.
Kata pepatah Cina, berobat setelah jatuh sakit laksana menggali sumur di saat haus. Setelah telanjur terkena penyakit, orang baru sadar betapa mahalnya kesehatan. Pertanyaannya, apakah menjaga kesehatan itu perlu biaya banyak? Tergantung sikap kita. Kalau merasa harus mengonsumsi obat, multivitamin dan food suplement paten, bisa mahal. Sebaliknya, kalau kita mau berkaca pada kearifan lokal dan beralih pada warisan leluhur dengan mengonsumsi herba, sayuran, dan buah-buahan tentu jauh lebih murah.
Kehadiran buku ini, tentu sangat membantu di tengah-tengah fenomena mewabahnya penyakit dewasa ini. Apalagi saat ini belum adanya vaksin anti flu burung plus penyebarannya yang sangat cepat memaksa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan skenario pandemi flu burung. Pada skenario optimis, pandemi hanya menewaskan 5 juta orang di seluruh dunia. Selebihnya, pada skenario pesimis, jumlah yang meninggal bisa berkisar 50 juta – 100 juta jiwa. Fantastis!
Atas dasar besarnya ancaman itulah buku ”Terapi Herba, Sayuran Flu Burung dan Demam Berdarah 2” diterbitkan. Secara garis besar isi buku ini membahas seputar masalah penyakit avian influenza (AI), demam berdarah dengue (DBD) dan malaria serta penangkalnya ditinjau dari sudut terapi herba, buah, dan sayuran.
Pada buku ini, intinya kalau tidak mau terserang penyakit tersebut, maka kita harus membentengi tubuh. Kita tahu, salah satu amunisi untuk memperkuat tubuh itu bisa lewat herba, buah, dan sayuran berkhasiat. Secara umum berbagai flora berkhasiat itu berperan sebagai antioksidan dan memperkuat daya tahan tubuh (imunomodulator). Selain itu dalam kondisi badan sudah terserang pilek, batuk, sesak napas, atau demam berdarah, flora berkhasiat ampuh itu bakal menumpas virus yang terlanjur masuk menyerang.
Salah satu kelebihan buku ini adalah dilengkapi aneka resep dengan bahan yang murah, mudah didapatkan, dan beragam sehingga mudah dipraktikkan pembaca. Hingga kalau Anda merasa asing dengan satu resep bisa memilih resep lain yang disuka. Lebih jauh, penerapan isi buku ini, tentu sesuai dengan falsafah budaya Timur. Yakni eksistensi manusia tidak terpisahkan dari unsur alam lingkungannya. Tanah dengan beraneka jenis tanaman, sayuran, dan buah-buahan telah menjadi semacam harta berharga yang siap diolah untuk dijadikan sarana menjaga kesehatan serta mengobati penyakit secara tradisional.
Akhirnya, perlu dipahami bahwa aneka resep tradisional yang tersaji dalam buku ini baik yang menyangkut resep herba, sayuran, maupun jus tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran dan fungsi pengobatan medis. Yang jelas, penulisan dalam buku ini dilakukan dengan pendekatan saling melengkapi. Itulah sebabnya, dalam buku ini setiap bahasan suatu penyakit terlebih dahulu diberikan penjelasan medisnya. Hal ini dimaksudkan agar pembaca mendapat latar belakang pengetahuan tentang penyakit dan gangguan kesehatan yang dideritanya. Selamat membaca!***
*) Resensor pencinta buku dan penggiat majelis buku di MIQRA Indonesia,
http://miqrabuku.blogspot.com
WWW.ARDADINATA.COM