- / / : 081284826829

Nyamuk, Lingkungan dan Perilaku Kita

Nyamuk, Lingkungan dan Perilaku Kita
Oleh Arda Dinata


”Nyamuk, lingkungan, dan perilaku manusia adalah tiga komponen yang memberikan kontribusi terhadap tersebarnya penyakit bersumber dari nyamuk.”


Nyamuk tergolong serangga yang telah berumur, yakni sudah melewati suatu proses evolusi yang panjang. Sehingga, pantas saja kalau serangga ini memiliki sifat yang spesifik dan adaktif tinggal bersama manusia.


Bila diperhatikan dan dilihat dari siklus hidupnya, nyamuk ini termasuk serangga yang mengalami metamorphosis sempurna. Mulai telur, larva (jentik), pupa dan nyamuk dewasa. Lebih jauh, dari tahap-tahap siklus hidup tersebut, nyamuk itu merupakan serangga yang sangat sukses memanfaatkan air (lingkungan), termasuk air alami dan air dari sumber buatan (baik yang bersifat permanen maupun temporer).


Menurut Upik Kesumawati Hadi & F.X. Koesharto (2006) menyebutkan kalau tempat seperti danau, aliran air, kolam, air payau, bendungan, saluran irigasi, air bebatuan, septic tank, selokan, kaleng bekas dan lainnya dapat berperan sebagai tempat bertelur dan tempat perkembangan larva nyamuk. Nyamuk yang berada di sekeliling rumah seperti Culex quinquefasciatus, Ae. aegypti dan Ae. albopictus, tumbuh dan berkembang dalam genangan air di sekitar kediaman kita.


Dalam bahasa Singgih H. Sigit (2006), lingkungkan permukiman manusia yang umumnya berupa suatu kompleks bangunan tempat tinggal berikut fasilitas yang berhubungan dengan pelbagai hajat hidupnya, termasuk juga jalan, selokan, berikut tanaman pekarangan dan hewan-hewan peliharaannya, merupakan sebuah ekosistem tersendiri yang unik. Lingkungan itu dibangun dan diciptakan terutama untuk kepentingan kenyamanan hidup manusia, tetapi pada kenyataannya banyak mahluk lainnya ikut memanfaatkan kondisi itu sebagai habitat, tempat istirahat serta tempat mencari makan.


Nyamuk adalah salah satu jenis hama yang kita kenal hidup atau berada di lingkungan permukiman manusia, yang keberadaannya dapat merupakan gangguan dan bahkan bahaya bagi para penghuni di suatu pemukiman penduduk. Jadi, betul ungkapan yang menyebutkan bahwa nyamuk, lingkungan dan manusia adalah tiga hal yang saling terkait. Ketiganya saling berinteraksi, mempengaruhi dan memberi kontribusi pada kondisi kesehatan masyarakat secara umum.


Kondisi seperti itulah, realita yang mesti kita sadari. Artinya seberapa pun gigihnya kita melakukan pengendalian terhadap (vektor) nyamuk, bila perilaku hidup bersih dan sehat masyarakatnya yang tidak mendukung, maka keberadaan nyamuk itu akan tetap menjadi ancaman (masalah) dikemudian hari. Untuk itu, langkah yang perlu dilakukan adalah biasakan kita untuk menjaga keadaan sanitasi lingkungan sekitar tempat tinggal agar tetap bersih dan sehat. Sebab, inilah sesungguhnya kunci dari segala kunci dalam pengendalian terhadap bahaya nyamuk. [Arda Dinata]***


SELENGKAPNYA ISI MAJALAH INSIDE TERSEBUT:


SUDUT REDAKSI …….. 2

DAFTAR ISI …… 3

CAKRAWALA …… 4

EDITORIAL:
Nyamuk, Lingkungan dan Perilaku Kita ...… 5

FOKUS UTAMA:
Mengenal Jati Diri Vektor Japanese Encephalitis ...… 6
Mengintip Jejak Japanese Encephalitis di Indonesia ….. 11
Kenali Encephalitis Agar Hidup Jauh dari Kelumpuhan …. 14
Kehidupan Nyamuk Culex….. 19
Rekayasa Memberantas Nyamuk Culex spp….. 22

HASIL PENELITIAN:
Populasi Nyamuk Yang Berpotensi Sebagai Vektor Japanese Encephalitis di
Kab. Bekasi Provinsi Jawa Barat..... 28
Resistensi Nyamuk Aedes aegypti Terhadap Insektisida Cypermethrin di
Daerah Endemis DBD Jawa Barat..... 36

SPIRIT LOKA:
Belajar Mencintai Pekerjaan (Cara Cerdas Mengatasi Malas Bekerja) …..51
Langkah Menulis Artikel di Media Massa ….. 54

ALTERNATIF:
Potret Insektisida Nabati Pengendali Nyamuk…. 59
Kenali Tanaman Pengusir Nyamuk…. 62
Cara Usir Kolestrol Tinggi…. 65

PENDIDIKAN:
Sistem Penularan & Penanggulangan Penyakit
Bersumber Binatang…. 67

LAPORAN DAERAH:
Apa Kabar Jabar Sehat? …… 70

PROFIL:
Berpikir Ilmiah Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia.... 72

DUNIA PUSTAKA:
Penyakit Infeksi Virus Penyerang Saraf …. 76

TAFAKUR:
Nyamuk ….. 78


Anda tertarik Majalah Inside (Versi PDF) tersebut, silahkan kirim Rp. 25 Ribu saja ke Bank BNI No. Rekening: 0118657077 atas nama Arda Dinata, lalu sms ke no. 081320476048.
WWW.ARDADINATA.COM